16. Istilah dalam Merancang Game

Berikut ini adalah beberapa catatan yang ditulis oleh Arief Abdillah Rachman. Dalam catatan ini Arief mencoba memandang beberapa istilah dalam game dari sudut pandang desainer grafis.

tampilan blog Arief Abdillah Rachman

Jika Anda ingin membuat permainan yang sukses pada IOS dan Android Anda lebih baik mulai dengan memeriksa persaingan.  Jadi pastikan Anda memiliki iPhone atau iPod Touch (lebih disukai generasi terbaru), atau, jika mereka terlalu mahal bagi Anda, perangkat Android yang baik. Dapatkan iTunes pada PC Anda dan memeriksaatas 100 game gratis dan berbayar yang paling populer. Beli / download mereka, dan bermainlah. Ini akan memberi Anda wawasan yang luas dalam jenis permainan yang populer di perangkat tersebut.

Cobalah untuk mencari tahu mengapa game seperti Angry Birds begitu sukses. Lihat juga bagaimana gaya grafis mereka. Satu hal yang menjadi kesamaan dari permainan ini adalah bahwa mereka menampilkan diri dengan cukup baik. Juga, permainan ini cenderung menawarkan banyak nilai bermain untuk uang yang mereka minta (yaitu, Anda dapat memainkannya untuk banyak jam). Banyak dari mereka juga memberikan update reguler dengan tingkat lebih untuk memastikan orang-orang terus bermain.

Tips Desain Permainan

Orang-orang bermain game berbeda pada perangkat mobile dengan konsol atau PC. Kebanyakan orang bermain game dalam waktu singkat, tetapi anda membuatnya menjadi sedikit lebih lama sehingga mereka lupa waktu. Permainan harus mulai dari mudah, lalu perlahan-lahan meningkat kesulitannya. Ini disebut kurva belajar. 

Namun, ada juga pemain yang memainkan permainan untuk waktu yang lama. Bagi mereka kurva belajar yang mudah bisa menjadi membosankan. Hal ini membuat sulit untuk membuat permainan yang menantang bagi semua orang dan membuat mereka tetap memainkan game kita. Jangan memaksakan untuk memberikan opsi untuk mengatur kesulitan permainan. Sebaliknya, membuat game Anda pendek dan menghibur, tetapi dengan menggunakan grafis bagus dan animasi, unsur-unsur permainan yang mengejutkan, dl. Dengan cara itu, pemain akan terus memainkan permainan sampai mereka mencapai tingkat yang menantang untuk mereka.

memberi tutorial

Pemain kadang tidak membaca manual dan pada perangkat mobile bahkan tidak ada manual. Bahkan jika Anda menambahkan How-To-Play dalam permainan Anda, pemain kemungkinan besar tidak akan membacanya. Mereka ingin langsung melompat ke dalam permainan dan mengharapkan permainan itu sendiri yang menjelaskan. 

mengumpulkan barang-barang

Orang sangat suka untuk mengumpulkan sesuatu. Dan khususnya dalam jenis game kasual yang dimainkan di iPhone dan Android, mengumpulkan bisa menjadi tambahan yang ampuh dalam permainan, yang akan sangat meningkatkan waktu bermain. Mengumpulkan tidak harus menjadi tujuan utama dari permainan. Tetapi sering relatif mudah untuk menambahkan beberapa mekanisme pengumpulan dalam permainan Anda. Banyak permainan menggunakan ini. Misalnya, dalam Angry Birds Anda dapat mengumpulkan beberapa telur emas tersembunyi.

cukup isi

Sebuah game baru-baru ini diterbitkan mendapat review bagus tapi kemudian orang mengeluh bahwa mereka bisa menyelesaikan game tersebut hanya dalam dua jam. Hal ini mungkin terdengar konyol. Mereka membayar hanya $ 1 dan kemudian mengeluh tentang "hanya" 2 jam waktu bermain. Tapi ini kenyataan. Orang saat ini mengharapkan jam bermain untuk satu dolar mereka. Jadi Anda harus lebih baik dalam mendesain untuk ini. Buat banyak tingkat dalam permainan Anda dan desain untuk replayability. Misalnya, merancang permainan dan tingkat sedemikian rupa sehingga pada tamat pertama pemain hanya akan memainkan kesulitan yang ada, tapi setelah itu mereka harus kembali ke awal untuk mencoba dan mengumpulkan semua bintang atau mendapatkan skor setinggi mungkin. Reward para pemain dengan papan highscore dan prestasi jika mereka terus bermain. Juga, jika mungkin, tambahkan mode endless (bertahan hidup selama Anda bisa), atau modus di mana Anda bisa bermain melawan orang lain pada perangkat yang sama.

desain visual

Tidak peduli seberapa baik permainan Anda, tanpa desain visual yang baik ada kemungkinan besar permainan Anda tidak akan mendapatkan perhatian yang baik. Orang memutuskan apakah akan membeli permainan didasarkan pada ikon dan screenshot. ketika orang melihat orang lain bermain mereka biasanya akan ingat visual.


Suara dan musik

Suara dan musik sering tidak mendapatkan perhatian dalam permainan. Di sisi lain, game di perangkat mobile yang sering bermain di lingkungan bising, dan banyak orang mematikan musik atau bahkan semua efek suara. Tapi suara dan musik tetap penting untuk membuat game kita lebih mengena. Gunakan gaya yang konsisten untuk efek suara dan musik latar belakang yang dapat membuat pemain (dan lainnya) ingat.

Font

Game biasanya berisi beberapa teks, meskipun Anda harus mencoba untuk menjaga seminimal mungkin. Pastikan Anda menggunakan font yang konsisten dengan tampilan dan nuansa permainan. Juga membuatnya cukup besar sehingga mudah untuk dibaca. Sebuah ukuran font minimal 16 pts direkomendasikan untuk tampilan Retina iPhone 4 (tergantung pada jenis font). Tes dengan membuat screenshot pada PC Anda dan kemudian meng-upload ke iPhone untuk check it out. Versi terbaru dari GameMaker (8.1) dapat membuat font jauh lebih bagus dengan menggunakan anti-aliasing. Anda pasti harus menggunakan itu.

menu layar

Layar judul anda buat dengan indah untuk membuat kesan pertama yang baik. Struktur menu harus logis dan mudah dinavigasi. Semua layar harus memiliki gaya yang konsisten dan tata letak dan terlihat cantik. Jangan jatuh dalam perangkap berpikir bahwa layar pilihan tidak penting. Jika tidak terlihat tepat, orang akan merasa kurang positif pada game anda dan menganggap game anda belum selesai.

Pengujian dan tuning

Bagian yang sangat penting dari polishing adalah pengujian bermain dan tuning. Ini sangat tidak mudah pada iPhone karena Anda tidak bisa mengubah permainan pada perangkat. Jadi setiap kali Anda ingin mengubah sesuatu Anda harus membuat atau membangun baru dan mengirimkannya ke perangkat sebelum Anda dapat menggunakannya. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk menambahkan test mode untuk permainan Anda sehingga Anda dapat mengubah pengaturan selama bermain game. Butuh sedikit kerja ekstra untuk membuat ini, tetapi Anda akan merasa puas setelah membuatnya.


dan sofeware yang dianjurkan oleh Arief untuk mendevelopt game pada andrid adalah dengan menggunakan :

GameMaker

GameMaker merupakan perkembangan lingkungan game terintegrasi yang berjalan pada PC (versi lama juga tersedia pada Mac). Hal ini memungkinkan Anda untuk menambahkan dan membuat sprite animasi dan gambar latar belakang, menambahkan efek suara dan font, menentukan perilaku objek, dan ruang desain di mana tindakan terjadi. Hal ini sangat mudah digunakan karena semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan drag-and-drop antarmuka di mana Anda menetapkan tindakan untuk acara untuk objek. Tapi GameMaker juga memiliki full-blown bahasa pemrograman digabungkan dengan lebih dari seribu fungsi yang memungkinkan Anda mengontrol setiap aspek dari permainan Anda. GameMaker terutama dimaksudkan untuk game 2D, tetapi juga meliputi fungsi untuk grafis 3D.

Comments

Popular posts from this blog

6. Folklor Warak Ngendok

3. Sekilas Objek Perancangan

14. Pembahasan Istilah Game Android