3. Sekilas Objek Perancangan


Perancangan game mobile sebagai media merevitalisasi Warak Ngendog bagi anak-anak kota Semarang akan dikembangkan penulis fokus pada permainan merawat Warak Ngendog itu sendiri. Orang tua jaman dahulu memberi sugesti bahwa jika anak-anak bisa merawat mainan Warak Ngendog maka mereka akan mendapatkan kemuliaan. Oleh karena itu, penulis menjadikan hal tersebut sebagai fokus perancangan game mobile ini. Dengan merawat Warak Ngendog melalui smart phone android, diharapkan anak-anak mendapatkan value seolah-olah merawat mainan Warak Ngendog seperti jaman dahulu.


Penulis memfokuskan pada perancangan karakter Warak Ngendog mengacu pada sketsa yang dibuat oleh Gunawan Muhamad. Karakter Warak Ngendog akan dibuat dengan perpaduan pakem visual Warak Ngendog itu sendiri dengan gaya visual anak-anak masa sekarang. Bentuknya pasti akan meleset dari pakem yang ada. Tetapi karena tujuan dari pembuatan game mobile ini untuk merevitalisasi Warak Ngendog, maka diperlukan sedikit perubahan agar sesuai dengan selera anak-anak masa sekarang. Setting waktu game ini akan berada pada kisaran abad 19 sesuai dengan masa dibuatnya Warak Ngendog. Sedang setting tempat, game ini akan menggambil Masjid Agung Kauman Semarang sebagai latar belakangnya karena ditempat inilah pertama kalinya Warak Ngendog dimunculkan.


Game ini difokuskan untuk anak-anak kelas 4-6 SD karena mainan Warak Ngendog pada masanya memang dibuat untuk anak-anak usia tersebut. Dengan memperkenalkan Warak Ngendog pada usia dini, diharapkan pada diri anak-anak bahwa Semarang memiliki Binatang khas yaitu Warak Ngendog. Walaupun bentuknya tidak tepat seperti pakem yang ada, tetapi setidaknya anak-anak sudah dikenalkan bahwa bentuk Warak Ngendog. Ketika sudah besar, mereka bisa mencari bentuk Warak Ngendog yang sesungguhnya.


logo

karakter


Comments

Popular posts from this blog

6. Folklor Warak Ngendok

14. Pembahasan Istilah Game Android